LDKI (Latihan Dasar Kepemimpinan Islam) DKM TM

Sabtu, 12 Maret 2011



Latihan Dasar Kepemimpinan Islam (LDKI)

Latihan Dasar Kepemimpinan Islam atau disingkat LDKI merupakan acara rutin yang dilaksanakan oleh DKM Ta’lmul muta’alim, SMAN 1 Cibadak. Acara tersebut memang sudah dilaksanakan selama bertahun-tahun dan acaranya pun berfariasi, baik tempat, format acara maupun bentuk acara itu sendiri. Dan pada tahun ini format acara LDKI berupa Mabit( malam bina iman dan takwa) yang bertempat di masjid ta’limul muta’alim, dan serangkaian acara lainnya seperti pemutaran film islami, game dan outbond. Kepanitian acara LDKI terdiri dari forum ALIT (Alumni ta’limul muta’alim), anggota DKM kelas 3, dan dari pihak sekolah. Acara yang dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu tanggal 25 dan 26 Desember lalu, mengambil lokasi inti di masjid TM dan kantor badan diklat.
Seperti yang tertera pada namanya, LDKI berujuan untuk membentuk pribadi muslim yang siap untuk menjadi pemimpin dimasa mendatang. Mengingat masih rendahnya kepedulian remaja islam terhadap agama mereka sendiri. Maka didalam serangkaian acara LDKI diputarkan sebuah film islami yang menggambarkan betapa pentingnya islam bagi kehidupan, bukan hanya sekedar ritualitas semata seperti shalat, zakat, zikir dan sebagainya tetapi juga mencakup berbagai aspek kehidupan. Islam semenjak masa Rasulullah pun pada dasarnya diterapkan sebagai patokan atau landasan kehidupan. Baik dari segi hukum, ekonomi, social, kesehatan dan bidang lainnya. Maka dari itu, LDKI ini pada intinya bertujuan untuk membangkitkan rasa cinta remaja islam terhadap agamanya. Selain itu, acara ini pun diadakan untuk memberikan pelatihan management organisasi kepada seluruh peserta sebagai bekal untuk mengurus organisasi DKM setahun kedepan .
Acara LDKI dimulai pulul 17.00. Acara yang pertama yaitu shalat magrib berjamaah dan tadarus bersama. Selesai shalat isya acara dilanjutkan dengan training kesehatan ala Rasul dengan pembicara Ust. Nursiami Rahmat. Dalam training itu diulas seluk beluk tentang tata cara hidup sehat, pencegahan penyakit, dan pengobatan penyakit dengan menggunakan metode islam.
Para peserta mengikuti acara tersebut sampai pukul sepuluh malam, kemudian istirahat. Kesesokan harinya, sekitar pukul 05.00 peserta diberangkatkan menuju kantor badan diklat yang berlokasi di Cicantayan untuk mengikuti acara lanjutan. Rangkaian acara di kantor badan diklat tersebut yaitu olahraga, outbond dan training motivasi yang sampaikan oleh alumni DKM TM kemudian penutup. Acara tersebut bisa berjalan dengan lancar terutama karena dimotori dan disokong sepenuhnya oleh pihak Alit/ alumni, disamping dukungan dari pihak guru dan kesungguhan dari pihak panitia. Untuk kedepannya diharapkan acara LDKI terus diadakan karena mampu memberikan kesegaran bagi peserta, terutama formatur DKM untuk menjalankan roda kepemimpinan.—Cibadak, 25-26 Desember 2010.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
free counters

Entri Populer